Pertama Kali Traveling ? Ini yang Harus Disiapkan

tips-perjalanan

Jakarta – Tentu banyak yang harus disiapkan untuk sesuatu yang pertama, apalagi traveling. Agar traveling berjalan mulus, siapkan hal-hal berikut ini. Membayangkannya saja sudah menyenangkan. Traveling ke tempat baru, bertemu orang baru, melihat pemandangan baru. Segalanya membuat tak sabar ingin segera berangkat. Eits, jangan sampai terlalu semangat malah membuat kamu lupa beberapa hal penting. Disusun detikTravel, Kamis (5/10/2015), ini beberapa hal yang harus disiapkan kala pertama kali traveling:

1. Buat itinerary

Ada yang menganggap itinerary atau jadwal perjalanan itu penting, ada yang tidak. Namun untuk kamu yang baru pertama kali traveling, membuat itinerary sangatlah penting. Karena dari sana, kamu bisa sekaligus mengetahui aneka informasi mengenai destinasi yang dituju. Sembari membuat itinerary, kamu bisa tahu potensi wisata apa saja yang ada di sana. Tak membuat itinerary bisa saja, tapi berarti kamu harus bertanya dan mencari informasi lagi saat sudah sampai di tempat tujuan. Sayang waktu kan?

Merubah itinerary saat sudah sampai sana tak masalah sama sekali. Misal ternyata ada yang lebih asyik, batalkan ke salah satu destinasi dan masukkan destinasi baru.

2. Daftar barang bawaan

Terlalu semangat membuat kamu hanya fokus pada perjalanan tapi tak fokus pada persiapan. Untuk itulah, buat daftar barang bawaan di selembar kertas atau di buku catatan kamu. Menyusun daftar ini tak bisa terburu-buru. Siapkan waktu seminggu sebelum atau setidaknya 3 hari sebelum pergi untuk menyusun daftar barang bawaan. Karena otak yang rileks biasanya bisa lebih fokus. Tentukan mana yang ingin dan tidak ingin dibawa. Nah, setelah menyusun barang bawaan, kamu bisa menceklis apa saja yang sudah masuk tas. Tak ada drama barang tertinggal!

3. Siapkan dokumen penting

Sebelum pergi, pastikan untuk membawa tanda pengenal yang resmi. Mulai dari KTP, paspor sampai Kartu Mahasiswa harus ada di dalam dompet dan selalu dibawa di tas. Karena hampir semua moda transportasi butuh tanda pengenal. Juga, pastikan untuk membawa SIM jika berencana merental kendaraan. Kalau tidak bawa, bakal pusing!

4. Unduh aplikasi dan bawa buku

Jangan segan untuk mengunduh aneka aplikasi seperti peta offline, panduan wisata dan sejenisnya. Juga pastikan untuk membawa buku destinasi dan peta tujuan liburan kamu. Karena saat tidak bisa menanyakan orang sekitar, maka aplikasi dan buku itulah yang akan menolong kamu. Jika bukunya terlalu berat, fotokopi saja bagian yang penting dan bawalah dalam tas.

5. Simpan nomor penting

Traveling berarti mendatangi tempat baru dan mungkin saja tidak bersama dengan orang yang kita kenal. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan nomor penting di notes atau dompet. Nomor yang harus ada adalah nomor telepon KBRI di negara yang kamu datangi, nomor telepon orangtua, rumah dan saudara kandung. Misal ponsel mati, kamu masih bisa melihat nomor itu di dompet atau notes. Selain itu, usahakan untuk mengisi pulsa sebelum pergi. Karena tidak semua tempat mudah menemukan kedai isi pulsa.

6. Sebar uang di sejumlah tempat

Jangan memasukkan semua uang di dompet karena terlalu riskan. Memang jangan sampai terjadi, namun bisa saja kamu dicopet dan uang pun ludes dalam sekejap jika disimpan dalam satu tempat yang sama. Biasakan untuk menyimpan uang di tempat-tempat berbeda. Misal di dalam tas paling dalam yang disertai resleting. Kamu juga bisa menaruh sedikit uang di kantung obat yang bisa disisipkan di antara pakaian. Tapi, pastikan tidak menaruh uang atau benda berharga apapun di koper yang dimasukkan dalam bagasi pesawat. Karena kemungkinan hilang akan sangat besar.
 

Sumber : Detik Travel